Tautan-tautan Akses

PM Inggris Bertemu Pejabat Irlandia dan Irlandia Utara


PM Irlandia Micheal Martin dan PM Inggris Boris Johnson bertemu di Hillsborough Castle, Belfast, Irlandia Utara Kamis (13/8).

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melakukan perjalanan ke Irlandia Utara hari Kamis (13/8) untuk mengadakan pembicaraan dengan mitranya dan para pejabat lainnya untuk mendorong persatuan Inggris dan pemulihan yang kuat dari pandemi COVID-19.

Johnson bertemu dengan Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin di Kastil Hillsborough dan saling “adu siku” sebagai ganti salaman di depan para wartawan. Ini adalah pertama kalinya kedua pemimpin itu bertemu secara langsung sejak Martin terpilih sebagai bagian dari pemerintahan koalisi Irlandia yang baru bulan Juni.

Johnson kemudian juga bertemu dengan menteri pertama Irlandia Utara, Arlene Foster, dan wakilnya, Michelle O'Neill.

Hubungan antara Johnson dan Irlandia Utara tegang setelah bertahun-tahun negosiasi sengit mengenai keluarnya Inggris dari Uni Eropa, yang dikenal sebagai “Brexit.” Johnson adalah pendukung kuat rencana tersebut, sementara, dalam referendum 2016, Irlandia Utara memilih untuk tetap berada dalam UE, dengan hasil suara 56 lawan 44. [lt/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG