Tautan-tautan Akses

PM Australia akan Bantu Korban Kebakaran Hutan


Seorang pemadam kebakaran menggunakan penggaruk untuk membersihkan puing-puing yang terbakar saat berusaha memadamkan kebakaran dekat Danau Burrill, Australia, 5 Januari 2020. (Foto: AP)

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan, Senin (6/1/2020), bahwa ia akan memberikan ganti rugi berapapun untuk membantu korban kebakaran hutan yang telah memusnahkan jutaan hektare lahan di tiga negara bagian.

Ketika berbicara kepada wartawan pada Senin, Morrison menjanjikan bantuan tambahan AS$1,4 miliar untuk membangun kembali kota-kota dan infrastruktur yang rusak karena kebakaran. Pemerintah, katanya lagi, akan memberikan lebih banyak bantuan lagi sesuai keperluan.

“Kalau ternyata dibutuhkan lebih banyak uang,vuang itu akan disediakan,“ katanya.

Ini dikatakan oleh Perdana Menteri Morrison ketika satu orang lagi tewas karena kebakaran di negara bagian New South Wales. Dengan demikian, jumlah korban tewas mencapai 25 orang.

Sekitar 2.000 rumah hangus saat ratusan kebakaran terus melumat kawasan luas di negara bagian itu. Catatan resmi mengatakan, kebakaran itu telah menghancurkan daerah seluas Irlandia, dan mencakup tiga negara bagian.

Suhu yang lebih dingin disertai hujan pada Senin agak membantu tugas para pemadam kebakaran yang telah berjuang selama beberapa minggu melawan api. Tapi para pejabat mengatakan curah hujan itu tidak cukup untuk memadamkan kebakaran, sebelum hawa panas dan kering kembali melanda kawasan itu minggu ini. Kata mereka, musim kebakaran di Australia biasanya baru berakhir pada Maret. [ii/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG