Tautan-tautan Akses

Australia Terus Berjuang Padamkan Kebakaran 


Ternak dibiarkan merumput saat kabut asap dan hujan menyirami ladang yang terbakar dekat Milton, Australia, 5 Januari 2020.

Australia terus berjuang mengatasi kebakaran hutan yang telah membakar jutaan hektar di tiga negara bagian.

Suhu udara yang lebih dingin dan angin yang tidak begitu kencang pada hari Minggu memberikan sedikit kelegaan dari kebakaran yang telah berusaha atasi oleh pasukan pemadam kebakaran selama berminggu-minggu.

Ribuan orang tinggal di perkemahan dan diperkirakan dua ribu rumah hancur. Dua puluh empat orang dinyatakan tewas sejak kobaran api mulai terjadi.

Perdana Menteri Scott Morrison telah dikritik karena penanganannya terhadap keadaan darurat itu, terutama setelah melakukan perjalanan ke Hawaii untuk liburan keluarga sementara kebakaran mengganas. Pada hari Minggu, ia mengatakan permainan dengan menyalahkan orang lain itu tidak produktif dan “sekarang adalah waktunya untuk fokus pada penangangan yang sedang dilakukan.”

Morrison juga telah dikritik karena tidak berkonsultasi secara memadai dengan otoritas lokal sebelum mengerahkan 3.000 tentara cadangan Australia ke New South Wales dalam upaya membantu memadamkan kebakaran yang menghancurkan di negara bagian itu.

Morrison telah berkomitmen untuk mengeluarkan $14 juta untuk menyewa pesawat pemadam kebakaran dari negara-negara lain.

Sebuah badan pemulihan dari kebakaran hutan telah dibentuk untuk membantu warga Australia pulih dari bencana itu.

Bintang pop Pink dan aktris Australia Nicole Kidman telah berjanji akan menyumbangkan $500.000 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak kebakaran itu. [lt/ab]

XS
SM
MD
LG