Tautan-tautan Akses

Pilpres AS 2020: Trump Mencoblos di Florida


Presiden Donald Trump usai mencoblos untuk pemilihan presiden AS 2020 di West Palm Beach, Florida, 24 Oktober 2020.
Presiden Donald Trump usai mencoblos untuk pemilihan presiden AS 2020 di West Palm Beach, Florida, 24 Oktober 2020.

Presiden AS Donald Trump memberikan suara untuk pilpres pada 3 November di negara bagian Florida pada Sabtu (24/10), sementara saingannya Joe Biden berkampanye di negara bagian Pennsylvania yang diperebutkan.

Trump, yang tahun lalu mengubah domisili dari New York ke Florida, memilih untuk mencoblos pada pagi hari di Pantai West Palm. Semalam ia menghabiskan waktu di dekat resor Mar-a-Lago miliknya.

“Proses pemberian suara sangat aman. Semuanya sempurna,” kata Trump kepada para wartawan ketika ia meninggalkan perpustakaan Palm Beach county, yang menjadi salah satu tempat pemungutan suara (TPS). Merupakan kehormatan bisa memilih.”

Ketika ditanya siapa yang dipilih, presiden mengatakan, “Saya memilih seorang laki-laki bernama Trump.”

Presiden kemudian melakukan perjalanan ke Lumberton, negara bagian North Carolina, untuk berkampanye. Dia juga akan berkampanye di Circleville, Ohio, dan Waukesha, Wisconsin pada Sabtu (24/10). Saat Trump berbicara di North Carolina, AS pada Jumat (23/10) mencatat rekor kasus harian, yaitu 83,757.

“Di satu sisi bagus. Di sisi lain, bodoh,” kata Trump merujuk pada peningkatan tes Covid-19. “Kasus-kasus naik. Apabila kita tes separuh, kasusnya hanya separuh.”

Sementara itu, Biden mengadakan kampanye lantatur (drive-in) di Bucks County, di pinggir kota Philadelphia yang pernah dimenangkan Hillary Clinton dengan selisih tipis pada 2016. Biden juga berkampanye di Luzerne County.

Mantan Presiden Barack Obama pernah menang di Luzerne County dua kali sebelum para pemilih disana memenangkan Trump dengan telak pada 2016.

Terkait virus corona, mantan wakil presiden itu memperingatkan, “akan datang musim dingin yang gelap apabila kita tidak mengubah cara.”

Tim kampanye Biden juga berusaha menggalang dukungan pemilih pada Sabtu (24/10) di negara bagian penting Florida. Obama mengadakan kampanye secara lantatur di North Miami, mewakili wapres Biden. Meskipun pilpres kurang dari dua minggu lagi, lebih dari 52 juta orang telah memilih. Sekitar 100 juta lain diperkirakan akan memberikan suara mereka sebelum pemenang diumumkan. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG