Tautan-tautan Akses

AS

Pilot Pesawat AU Amerika yang Jatuh di Laut Utara Tewas


Pesawat tempur F15C Eagle milik AS terbang di atas pangkalan udara Siauliai, 230 kilometer dari Vilnius, Ibu Kota Lithuania, 2 April 2014.

Angkatan Udara Amerika, Senin (15/6), memastikan bahwa pilot pesawat jet tempur yang jatuh di lepas pantai utara Inggris, ditemukan dalam kondisi tewas.

Dalam pernyataan yang disampaikan beberapa jam setelah kecelakaan itu, dikatakan bahwa “pilot F-15C Eagle dari Wing Fighter 48 yang jatuh telah ditemukan dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga pilot tersebut.” Nama pilot itu belum diumumkan hingga pihak keluarga diberitahu.

Sebelumnya tim SAR menemukan puing-puing pesawat jet yang jatuh pada jam 904 pagi, ketika yang sedang melakukan misi latihan rutin dari RAF Lakenheath. Penyebab kecelakaan ini masih belum diketahui.

Pernyataan dari Angkatan Udara Amerika menyatakan pasukan penjaga pantai Inggris menemukan puing-puing pesawat tempur itu dan segera berupaya menemukan pilot. Pejabat-pejabat pasukan penjaga pantai, dalam pernyataan terpisah, mengatakan segera setelah mereka menerima laporan tentang pesawat yang jatuh itu, sebuah helikopter dan beberapa kapal kecil pun dikerahkan.

Lakenheath adalah pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris yang menjadi tuan rumah latihan rutin US Air Force' 48th Fighter Wing, yang dikenal sebagai Liberty Wing. Pangkalan ini terletak 80 mil timur laut London. Liberty Wing memiliki lebih dari 4.500 anggota militer aktif. [em/pp]

XS
SM
MD
LG