Tautan-tautan Akses

Pidato Wapres JK di PBB: Dunia Tak Perlu Pemimpin 'Superhero,' Dukung Palestina


Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berpidato dalam Sidang Umum PBB di New York hari Kamis (27/9).

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berpidato dalam Sidang Umum PBB di New York hari Kamis (27/9).

Kalla mengawali pidatonya dengan mengatakan bahwa dunia tidak perlu kepemimpinan seperti superhero, namun kepemimpinan yang kuat.

Menurutnya semua pemimpin dunia yang berkumpul dalam Majelis Umum PBB ke-73 ini punya kekuatan secara kolektif untuk mencapai tujuan PBB, termasuk menciptakan perdamaian dunia.

Dalam pidato tersebut, Kalla menegaskan kembali dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina, dan menyerukan negara-negara untuk bertindak. Menurutnya situasi di tengah konflik Israel-Palestina sekarang ini merupakan kemunduran.

"Ancaman nyata terhadap status quo Yerusalem... jutaan pengungsi Palestina terancam... situasi kemanusiaan semakin buruk setiap hari. Masyarakat internasional tidak bisa tinggal diam. Kita harus menyerukan negosiasi segera yang menjadikan solusi dua-negara sebuah kenyataan," tandasnya.

Selain itu Kalla juga menambahkan Indonesia berkomitmen untuk terus memelihara perdamaian, dengan menambah jumlah pasukan pemelihara perdamaian dari 3.500 personel menjadi 4.000 personel tahun depan. (vm)

Simak Video Pidato Wapres Jusuf Kalla di depan Majelis Umum PBB hari Kamis (27/9).

Indonesia Perjuangkan Palestina dalam Sidang Majelis Umum PBB
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:34 0:00

Lihat komentar (18)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG