Tautan-tautan Akses

Pidato Tahunan Pemimpin Hong Kong Puji UU Keamanan Nasional


Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam di Hong Kong, Cina 12 Oktober 2020. (Foto: REUTERS/Tyrone Siu)

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam, Rabu (25/11), mengatakan pidato kebijakan tahunannya berusaha memulihkan ketertiban konstitusional di Hong Kong setelah demonstrasi oposisi menimbulkan kekerasan dan kerusakan tahun lalu.

Pidato itu disampaikan setelah ditunda lebih dari sebulan karena ia berusaha mencari dukungan Beijing untuk berbagai langkah ekonomi guna menghidupkan kembali ekonomi wilayah semiotonom China itu.

Beijing memberlakukan Undang-Undang Keamanan Nasional di Hong Kong sejak Juni, yang ditujukan untuk menumpas pembangkangan setelah berbulan-bulan protes antipemerintah di kota itu yang terkadang berubah menjadi kekerasan.

Protes tahun lalu dipicu oleh proposal Undang-Undang Ekstradisi yang akan memungkinkan tersangka kriminal di Hong Kong dikirim ke China daratan untuk diadili.

Proposal legislasi itu akhirnya dibatalkan.

“Kelompok-kelompok oposisi secara terang-terangan menantang otoritas pemerintah pusat dan pemerintah kami melalui campur tangan pihak luar dalam urusan Hong Kong, dan bahkan meminta agar Hong Kong dikenai sanksi,” kata Lam dalam pidatonya.

Undang-Undang Keamanan Nasional Kota yang baru telah "sangat efektif dalam memulihkan stabilitas" setelah berbulan-bulan kerusuhan politik, katanya. Ia juga menyatakan, mengembalikan keadaan normal ke sistem politik adalah prioritas yang mendesak.

Lam juga mengkritik campur tangan pemerintah-pemerintah asing dalam urusan Hong Kong, dengan mengatakan hal itu membahayakan keamanan nasional.

Beijing dalam beberapa bulan terakhir mengambil sikap yang lebih keras terhadap pembangkangan di Hong Kong, sehingga memicu kekhawatiran atas kemungkinan berakhirnya kerangka "satu negara, dua sistem" yang telah diberlakukan di Hong Kong sejak diserahkan ke China oleh Inggris pada 1997.

"Saya pikir undang-undang keamanan nasional menginjak-injak kebebasan berbicara di Hong Kong," kata mantan legislator Leung Kwok Hung di depan gedung Dewan Legislatif tempat pidato Lam disampaikan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG