Tautan-tautan Akses

Piala Asia: Dalam Sunyi Qatar Kandaskan Korut 6-0


Pemain depan Qatar Almoez Ali dalam laga penyisihan Grup E Piala Asia antara Korea Utara dan Qatar di Stadion Khalifa bin Zayed yang sepi penonton, di al-Ain,13 Januari 2019. (Foto: Giuseppe CACACE / AFP)

Almoez Ali, pesepak bola timnas Qatar, menyarang empat dari enam gol yang mengandaskan Korea Utara dalam laga Piala Asia yang berlangsung di Stadion Khalifa Bin Zayed di Uni Emirat Arab yang nyaris kosong, Minggu (13/1).

Ali melesakkan dua gol pada paruh pertama dan dua lagi pada paruh kedua dan membawa tuan rumah Piala Dunia 2022 ke putaran 16 besar. Dengan empat gol dalam laga kemarin, Ali melesat ke puncak daftar pencetak gol terbanyak dengan lima gol.

Namun hujan gol Qatar itu tidak mendapat sambutan meriah karena blokade terhadap negara kaya minyak yang diberlakukan oleh para negara tetangganya di Teluk membuat para penggemar sepak bola mengurungkan niat menyaksikan laga itu.

Hanya sekitar 300 orang menyaksikan laga antara Qatar dan Korut yang digelar di stadion berkapasitas 16 ribu tempat duduk. Penonton laga kemarin didominasi dua kelompok kecil pendukung Korut yang sesekali memberi semangat dan mengibarkan bendera.

Kemenangan besar Qatar disambut dengan tepukan tak bersemangat saat peluit tanda pertandingan usai dibunyikan. Kemenangan Qatar juga memastikan Arab Saudi dan Qatar lolos dari penyisihan Grup E setelah keduanya mengantongi enam poin setelah dua pertandingan.

Warga Jerman, Mark Slonek, satu dari beberapa penonton yang netral mengatakan kecewa hanya sedikit penggemar sepak bola yang datang.

"Sayang sekali," kata administrator TI berusia 43 tahun asal Stuttgart itu.

"Seperti pertandingan divisi bawah di Jerman, hanya ada 100 orang. Lebih banyak staf (ketimbang penggemar). Saya awalnya memperkirakan akan ada lebih dari 1.000 orang," kata Olnek.

Jumlah itu tentu saja jauh sekali di bawah laga pembuka Piala Asia yang dihadiri 34 ribu penonton di Abu Dhabi. Sedangkan final Piala Asia 2015 ditonton oleh sekitar 76 ribu penggemar sepak bola di Sydney.

Selain Qatar dan Arab Saudi, tim lain yang juga lolos ke babak 16 besar adalah Jepang, setelah tim Samurai Biru itu mengalahkan Oman 1-0. [ft/dw]

XS
SM
MD
LG