Tautan-tautan Akses

Petraeus Janjikan Kemenangan di Afghanistan


Jenderal David Petraeus secara resmi mengambil komando atas 140.000 pasukan Amerika dan NATO di Afghanistan.

Jenderal Amerika David Petraeus hari ini secara resmi mengambil-alih komando atas 140.000 tentara Amerika dan NATO di Afghanistan.

Upacara itu diadakan di markas besar pasukan International Assistance Security Force atau ISAF di Kabul. Kata Petraeus, perang yang sudah berlangsung hampir sembilan tahun itu telah mencapai tahapan yang kritis dan pasukan internasional harus bisa menghadapinya. Ia mengatakan, “Kami di sini untuk menang.”

Jenderal Petraeus menggantikan Jenderal Stanley mcChrystal yang mengundurkan diri bulan lalu karena membuat berbagai pernyataan yang melecehkan para pejabat tinggi sipil di Washington.

Kata Petraeus, pergantian pimpinan itu tidak berarti adanya perubahan strategi untuk melindungi rakyat Afghanistan, sebagai tujuan utama misi militer itu.

Jenderal Petraeus tiba di Kabul hari Jumat. Ia menghadapi tekanan keras untuk mengalahkan Taliban yang semakin kuat, dan sekaligus menyusun rencana untuk menarik pasukan Amerika mulai tahun depan.

Sementara itu, pejabat Afghanistan mengatakan 63 orang yang disebut sebagai penyelundup narkoba dan terroris tewas dalam berbagai serangan di Afghanistan selatan.

XS
SM
MD
LG