Tautan-tautan Akses

Pesta Demokrasi, TPS-TPS Dibuka di Seluruh Indonesia


Seorang petugas KPPS menunjukkan kotak suara yang kosong di sebuah tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta, 17 April 2019. (Foto:AP)
Seorang petugas KPPS menunjukkan kotak suara yang kosong di sebuah tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta, 17 April 2019. (Foto:AP)

Tempat-tempat pemungutan suara mulai dibuka pada Rabu (17/4) pagi untuk
memberi kesempatan rakyat memilih presiden dan wakil-wakilnya di DPR dan DPRD.

Ketika memberikan suaranya di TPS di Bogor, calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan harapannya agar pemilu berlangsung adil dan damai.

Jajak pendapat telah secara konsisten menunjukkan Presiden Joko Widodo masih unggul sampai 20 poin, meskipun para analis mengatakan persaingan akan cenderung lebih ketat.

Sekitar hampir 193 juta orang memenuhi syarat untuk memilih dalam pemilu yang akan memutuskan siapa yang akan berikutnya memimpin negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Pemungutan suara akan berakhir pukul 13.00 waktu setempat dan hasil "penghitungan cepat" diharapkan keluar sekitar dua jam kemudian.

TPS-TPS di wilayah timur Indonesia pada Rabu dibuka lebih awal. Di Denpasar, Bali, para pemilih mengantre untuk memberikan suara di TPS sementara pemungutan suara di ibukota Jakarta berlangsung sekitar dua jam kemudian. [my]

XS
SM
MD
LG