Tautan-tautan Akses

Pesawat Rusia Tabrak Burung, Lakukan Pendaratan Darurat


Pesawat A321 milik Ural Airlines Rusia melakukan pendaratan darurat di ladang jagung dekat Ramenskoye, di luar Moskow, Rusia, Kamis, 15 Agustus 2019. (Foto: RU-RTR/videograb)
Pesawat A321 milik Ural Airlines Rusia melakukan pendaratan darurat di ladang jagung dekat Ramenskoye, di luar Moskow, Rusia, Kamis, 15 Agustus 2019. (Foto: RU-RTR/videograb)

Awak pesawat Ural Airlines disambut sebagai pahlawan setelah melakukan pendaratan darurat di ladang pertanian dekat Moskow tanpa menimbulkan korban di antara 233 orang di dalamnya.

Maskapai itu menyatakan pada 15 Agustus ini, salah satu pesawat Airbus A321-nya melakukan pendaratan darurat di ladang jagung dekat bandara Zhukovsky di pinggiran kota Moskow, setelah burung-burung tersedot ke dalam mesinnya.

Kementerian Kesehatan menyatakan 23 orang mengalami cedera, tetapi tidak seorang pun tewas dalam insiden itu.

Kantor berita TASS dan Interfax mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya yang menyatakan 55 orang, di antara 226 penumpang dan tujuh awak, mengalami cedera sewaktu pesawat itu mendarat. Kedua mesin pesawat dalam keadaan mati sewaktu mendarat.

“Mari kita doakan kesembuhan segera bagi mereka yang cedera dan beri selamat kepada para pilot yang heroik, yang menyelamatkan nyawa orang-orang dan mendaratkan pesawat,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Sebagian kalangan menyatakan insiden itu mirip dengan kejadian ketika pesawat US Airways nomor penerbangan 1549 menabrak sekawanan angsa liar, memaksa pilot mendaratkan pesawat di Sungai Hudson pada tahun 2009.

Ural Airlines menyatakan para pilot pesawat itu sangat berpengalaman, dengan catatan lebih dari 3.000 jam terbang. Pesawat tersebut lepas landas dari bandara Zhukovsky menuju Simferopol, ibukota kawasan Krimea, Ukraina, yang dianeksasi Rusia. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG