Tautan-tautan Akses

Pesawat Malaysia yang Hilang 4 Tahun Lalu Diperingati di Malaysia


Anggota keluarga menyalakan lilin selama acara peringatan empat tahun hilangnya pesawat MH370 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines, di Kuala Lumpur, Malaysia 3 Maret 2018. (Foto: dok).

Para anggota keluarga penumpang pesawat Malaysian Airlines penerbangan MH370 yang hilang di bagian selatan Samudera Hindia memperingati di Kuala Lumpur genapnya empat tahun lalu hilangnya pesawat tersebut.

Upacara mengenang itu diadakan sementara ada usaha baru untuk mencari pesawat tersebut.

Pemerintah Malaysia menandatangani persetujuan bulan Januari dengan perusahaan eksplorasi Amerika untuk melanjutkan pencarian pesawat yang hilang itu.

Menteri Perhubungan Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan bahwa perusahaan Ocean Infinity yang berbasis di Houston akan mencari pesawat yang hilang itu berdasarkan kontrak “perusahaan tidak dibayar kalau tidak menemukan pesawat Boeing 777 itu.”

Baca juga: Malaysia Setujui Perusahaan AS Lanjutkan Pencarian Pesawat Yang Hilang

Perusahaan tersebut akan dibayar $20 juta kalau pesawat itu ditemukan dalam kawasan 5000 kilometer persegi, dan $30 juta kalau ditemukan dalam kawasan 10 ribu kilometer persegi, dan $50 juta dalam kasawan 25 ribu kilometer persegi. Bayarannya $70 juta kalau pesawat yang hilang itu ditemukan di luar kawasan 25 ribu kilometer persegi itu.

Pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH-370 itu hilang tanggal 8 Maret tahun 2014 dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing, dengan 239 orang penumpang dan awak dalam pesawat itu. [gp]

XS
SM
MD
LG