Tautan-tautan Akses

Perusahaan Amerika Lanjutkan Pencarian Pesawat Malaysia yang Hilang


Dalam foto yang dirilis Dinas Audiovisual Komunikasi Tentara Perancis pada 7 Agustus 2015, seorang kru melihat keluar pesawat yang ambil bagian dalam upaya pencarian pesawat Airlines Nomor Penerbangan MH370 di pantai kepulauan Perancis, La Reunion.

Sebuah perusahaan eksplorasi laut Amerika telah mengirim kapal untuk melanjutkan pencarian pesawat terbang milik maskapai penerbangan Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan MH370, yang hilang tiga tahun lalu.

Pesawat yang membawa 239 orang, hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing.

Pesawat yang tiba-tiba berubah arah di atas Laut Cina Selatan dan kehilangan kontak radio, merupakan salah satu misteri terbesar dalam penerbangan modern. Pesawat itu terakhir terlihat oleh radar di dekat ujung utara Sumatra dan mungkin jatuh di daerah sekitar 1.500 kilometer sebelah barat Australia, menurut informasi dari satelit komunikasi.

Perusahaan eksplorasi, Ocean Infinity, Rabu (3/1), mengatakan satu kapalnya sedang menuju ke wilayah pencarian yang diduga lokasi jatuhnya pesawat, dan berharap pemerintah Malaysia akan mengontraknya untuk melanjutkan pencarian dalam beberapa hari mendatang.

Pihak berwenang Malaysia mengatakan telah melakukan perundingan dengan Ocean Infinity sejak Oktober untuk merampungkan kontrak. Menurut kontrak tersebut, perusahaan tersebut hanya akan dibayar kalau menemukan pesawat tersebut.

"Kami berada di tahap-tahap akhir perundingan," kata Wakil Menteri Perhubungan Malaysia Aziz Kaprawi, yang mengatakan bahwa dia tidak mengetahui tentang gerakan kapal tersebut.

Kapal itu berangkat dari Afrika Selatan dan menurut rencana akan tiba di daerah pencarian pada pertengahan Januari. Kapal tersebut membawa beberapa kapal selam mandiri yang bisa mencapai dasar laut untuk mencari pesawat terbang tersebut.

Para penyelidik yakin seseorang mungkin telah dengan sengaja mematikan transponder Boeing 777 itu sebelum mengarahkannya ke Samudera Hindia.

Hanya tiga fragmen dari pesawat telah dikonfirmasi ditemukan, semuanya dari pantai Samudera Hindia. [sp/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG