Tautan-tautan Akses

Gelar Lomba Konversi CO2 Mars, NASA Tawarkan Hadiah $750 Ribu


Gambar berwarna pertama Planet Mars yang diambil oleh pesawat antariksa Viking 1 pada 21 Juli 1976. Gambar asli salah kalibrasi hingga menampakkan langit biru. Seharusnya langit Mars berwarna merah. Gambar yang sudah dikalibrasi secara benar dirilis 26 Juli 1976.

Badan antariksa Amerika NASA menawarkan sebuah sayembara berhadiah $750 ribu kepada peserta yang mampu menemukan cara untuk mengubah karbon dioksida kedalam unsur yang bermanfaat di Mars.

Bertema “CO2 Conversion Challenge,” ilmuwan NASA mengatakan, mereka perlu bantuan menemukan cara untuk mengubah karbon dioksida menjadi berbagai unsur yang bermanfaat sehingga membuat perjalanan ke Mars dimungkinkan.

Karbondioksida adalah bahan yang sangat banyak ditemukan di dalam atmosfer Mars.

Para ilmuwan mengatakan astronaut yang berusaha melakukan perjalanan ke Mars tidak bisa membawa semua kebutuhan ke planet merah itu. Jadi, harus dicari jalan menggunakan sumber-sumber setempat untuk menciptakan apa yang mereka butuhkan.

“Memberdayakan kehidupan manusia berkesinambungan di planet lain membutuhkan banyak sekali sumber dan kita tidak mungkin membawa semua yang kita perlukan. Kita harus kreatif,” kata Monsi Roman, manajer program Centennial Challenges dari NASA.

Karbon, bersama oksigen, adalah unsur-unsur molekular yang membentuk gula.

Di Bumi, tanaman secara mudah dan murah mengubah karbon dioksida dan air menjadi gula. Tetapi, ilmuwan mengatakan pendekatan ini sulit untuk ditiru di antariksa karena sumber seperti energi dan air terbatas.

Kata NASA, sayembara ini dibagi ke dalam dua tahap. Pada tahap pertama, orang atau tim menyerahkan desain dan uraian dari proposal mereka, dan lima tim akan bisa masing-masing memenangkan $50 ribu masing-masing. Dalam tahap kedua, yang masuk final akan membangun dan menyajikan sebuah peragaan proposal mereka, dan pemenangnya akan memperoleh hadiah senilai $ 750 ribu.

Mereka yang berminat harus mendaftar paling lambat pada 24 Januari 2019, dan kemudian mulai pada 28 Februari 2019. [jm]

XS
SM
MD
LG