Tautan-tautan Akses

Perwakilan UE, Inggris Berupaya Tuntaskan Perjanjian Perdagangan


Refleksi Bendera Uni Eropa berkibar di kaca gedung Dewan Eropa di Brussels, 19 Desember 2020. (Foto: dok).

Sebelas hari menjelang periode transisi Brexit berakhir, pembicaraan perdagangan antara perwakilan dari Uni Eropa dan Inggris tidak bisa menyelesaikan kesepakatan, menurut kepala perunding Uni Eropa.

Perwakilan Uni Eropa dan Inggris berupaya sungguh-sungguh untuk menyelesaikan perjanjian perdagangan antara kedua pihak sementara perundingan macet dan tenggat semakin dekat menuju skenario tanpa kesepakatan.

Setelah seminggu perundingan yang intens, tidak ada kejelasan apakah kesepakatan akan dicapai atau tidak, tulis David McAllister, ketua Komisi Urusan Luar Negeri Parlemen Eropa.

David McAllister
David McAllister

Dalam rangkaian cuitan, McAllister mengatakan bahwa Parlemen Eropa tidak akan "memberi persetujuan bagi kesepakatan tahun ini" karena kesepakatan itu belum tercapai pada tengah malam pada hari Minggu. Ia menambahkan bahwa dia akan mengadakan rapat luar biasa Kelompok Koordinasi Inggris Parlemen Eropa pada hari berikutnya guna membahas langkah-langkah selanjutnya.

Pembicaraan perdagangan pasca Inggris keluar dari Uni Eropa, disebut Brexit, bertujuan mendapatkan kesepakatan perdagangan pada masa depan antara Inggris dan Uni Eropa sebelum periode transisi Brexit berakhir. Perundingan dimulai pada Maret setelah Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari.[ka/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG