Tautan-tautan Akses

Perwakilan Pemberontak Suriah Bertemu di Kazakhstan


Seorang pekerja menyiapkan lokasi perundingan perdamaian Suriah di sebuah hotel di Astana, Kazakhstan, Minggu (22/1).

Pertemuan hari Minggu (22/1) itu diadakan menjelang perundingan antara perwakilan pemberontak dengan wakil-wakil pemerintah Damaskus di ibukota Astana yang disponsori oleh Rusia, Iran dan Turki.

Delegasi kelompok pemberontak Suriah sedang mengadakan pertemuan di Kazakhstan menjelang perundingan dengan wakil-wakil pemerintah yang dijadwalkan dimulai hari Senin (23/1).

Perundingan di ibukota Astana itu disponsori oleh Rusia, Iran dan Turki, dan merupakan perundingan pertama antara kedua pihak tahun ini. Utusan Khusus PBB Untuk Suriah Staffan de Mistura akan menghadiri perundingan tersebut. Namun wakil pemerintah Amerika tidak datang.

Delegasi kelompok pemberontak yang tiba di Astana hari Minggu (22/1) terdiri dari sekitar sepuluh tokoh pemberontak pimpinan Mohammad Alloush dari kelompok Laskar Islam. Pemerintah Assad mengirim Duta Besar Suriah Untuk PBB Bashar Ja'afari dan delegasi militer.

Agenda utama dalam perundingan ini adalah upaya mengkonsolidasikan gencatan senjata yang dimediasi Rusia dan Turki bulan lalu. [em/ii]

XS
SM
MD
LG