Tautan-tautan Akses

Perusahaan Farmasi AS akan Turunkan Harga Insulin


Botol berisi insulin merek Humalog yang diproduksi oleh Eli Lilly terlihat dalam foto yang diambil di New York, pada 1 Maret 2023. (Foto: AP/Pablo Salinas)
Botol berisi insulin merek Humalog yang diproduksi oleh Eli Lilly terlihat dalam foto yang diambil di New York, pada 1 Maret 2023. (Foto: AP/Pablo Salinas)

Perusahaan farmasi Amerika Serikat, Eli Lilly, akhir tahun ini akan menurunkan harga sebagian insulin lama dan segera memberi lebih banyak pasien akses kepada batas atas biaya yang mereka bayarkan untuk menebus resep.

Langkah yang diumumkan pada Rabu (1/3) itu menjanjikan bantuan penting bagi sebagian pengidap diabetes yang kadang membayar ribuan dolar setiap tahunnya untuk memperoleh insulin yang mereka butuhkan untuk hidup. Harga tersebut juga diturunkan setelah anggota Kongres AS dan advokat pasien menekan produsen obat untuk berbuat sesuatu guna menghadapi lonjakan harga.

Lilly mengatakan akan mengurangi harga yang ditetapkan untuk sejumlah insulin yang paling sering diresepkan, Humalog, dan jenis insulin lain, Humulin, hingga 70 persen atau lebih pada triwulan keempat, yang dimulai pada Oktober.

CEO Lilly David Ricks, pada Rabu, mengatakan bahwa pengurangan harga dilakukan guna mengatasi masalah yang berdampak pada harga insulin yang akhirnya dibayar pasien.

Dalam pidato kenegaraan tahunannya bulan lalu, Presiden Joe Biden menyinggung soal batas atas harga insulin. Ia meminta harga insulin untuk setiap orang dibatasi hingga $35. Biden mengatakan dalam pernyataannya pada Rabu bahwa Lilly menanggapi permintaannya. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG