Tautan-tautan Akses

Perselisihan Terkait Kerja Paksa Penyebab Ketegangan Jepang-Korsel


PM Jepang Shinzo Abe dalam konferensi pers di Hiroshima, Jepang, 6 Agustus 2019.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, penyebab utama ketegangan yang meningkat antara Jepang dan Korea Selatan adalah hilangnya kepercayaan terkait keputusan pengadilan Korea Selatan yang memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang memberi kompensasi kepada sejumlah warga Korea Selatan yang menjalani kerja paksa selama Perang Dunia ke-2.

Jepang kini memberlakukan kontrol ekspor terhadap bahan-bahan penting bagi industri semikonduktor Korea Selatan, dan menurunkan peringkat status perdagangan negara itu. Meski demikian, Tokyo bersikeras menyatakan bahwa langkah-langkah itu diambil terkait keamanan nasional dan bukan pembalasan atas keputusan pengadilan Korea Selatan.

Jepang memerintah Semenanjung Korea sebagai sebuah koloni hingga akhir perang itu, dan bersikeras menyatakan bahwa isu-isu kompensasi telah diselesaikan berdasarkan perjanjian normalisasi hubungan yang dicapai tahun 1965.

Menanggpi pertanyaan terkait ketegangan yang meningkat, Abe, Selasa (6/8), mendesak Seoul untuk mengambil tindakan-tindakan yang pantas untuk menghentikan prosedur-prosedur pengadilan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG