Tautan-tautan Akses

Beberapa Kandidat Capres Demokrat Kesulitan Lolos Kualifikasi Debat September


Kandidat calon presiden dari Partai Demokrat Julian Castro di Des Moines Register Soapbox saat mengunjungi Iowa State Fair, di Des Moines, Iowa, 9 Agustus 2019. (AP Photo/Charlie Neibergall)
Kandidat calon presiden dari Partai Demokrat Julian Castro di Des Moines Register Soapbox saat mengunjungi Iowa State Fair, di Des Moines, Iowa, 9 Agustus 2019. (AP Photo/Charlie Neibergall)

Kandidat calon presiden dari Partai Demokrat Julian Castro mendapat berita bagus pekan ini. Castro menjadi kandidat ke-10 yang lolos kualifikasi untuk berpartisipasi pada debat berikutnya bulan depan di Houston, Texas. Namun beberapa kandidat lain kemungkinan tidak lolos sehingga menghalangi peluang mereka menggalang dukungan untuk bisa bersaing di pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Bagi Julian Castro, kerja keras kubu kampanyenya membuahkan hasil karena ia meraih tempat di putaran ketiga debat kandidat calon presiden Partai Demokrat bulan depan.

“Saya yakin kita bisa lebih kuat dan lebih kuat. Kita punya waktu lima bulan lagi sebelum kaukus di Iowa dan pemilihan pendahuluan di New Hampshire. Pada saat itu, kalau kita berusaha keras, saya bisa menjadi unggulan,” kata Castro.

Walikota New York, Bill de Blasio. (Foto: dok).
Walikota New York, Bill de Blasio. (Foto: dok).

Namun tidak demikian halnya dengan Walikota New York Bill de Blasio, yang termasuk dalam kelompok kandidat yang kesulitan untuk bisa lolos ke debat berikutnya.

“Target yang sulit bagi kita. Kita mengusahakannya, dan kalau kita tidak lolos ke debat bulan September, kita mengincar debat bulan Oktober,” jelasnya.

Jumlah kandidat yang terbilang banyak kini mulai menyusut secara perlahan dengan keluarnya Gubernur Washington Jay Inslee dan mantan gubernur Colorado John Hickenlooper dari persaingan.

Beberapa kandidat lain masih bertahan di persaingan meski mendapat dukungan rendah dalam beberapa jajak pendapat, termasuk Senator New Jersey Cory Booker.

Sen. Cory Booker, 26 Juni 2019. (Foto:dok).
Sen. Cory Booker, 26 Juni 2019. (Foto:dok).

“Berdiri bersama, berusaha bersama, mencintai bersama dan mengatasi kegelapan dengan cahaya kita! Ini seruan negara kita dan ini saatnya bagi Amerika Serikat untuk bangkit lagi! Terima kasih.”

Booker lolos kualifikasi untuk debat berikutnya, seperti halnya Senator Minnesota, Amy Klobuchar.

Menurut Susan Page dari USA Today, mereka yang tidak lolos kualifikasi debat bulan depan akan menghadapi lebih banyak kesulitan dalam menggalang dukungan.

“Debat putaran ketiga akan berlangsung awal September, dan persyaratan untuk bisa lolos kualifikasi debat itu sedikit lebih sulit. Kami kira jumlah kandidat akan berkurang. Dan sekali kandidat tidak lolos kualifikasi, akan semakin sulit baginya untuk menggalang dana dan dukungan untuk bertahan.”

Analis Darrell West dari Brookings Institution mengatakan, beberapa kandidat yang meraih dukungan rendah dalam jajak-jajak pendapat kemungkinan akan mulai menyatakan mundur dalam beberapa bulan mendatang.

“Saya kira sejumlah kandidat kemungkinan akan mundur dalam satu atau dua bulan lagi. Pastinya, mereka yang tidak lolos kualifikasi untuk berpartsipasi pada debat September akan merasakan kesulitan menggalang dana dan kehilangan dukungan media. Jadi intinya, pencalonan diri mereka akan berakhir.”

Beberapa Kandidat Capres Demokrat Kesulitan Lolos Kualifikasi Debat September
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:29 0:00

Mantan wakil presiden Joe Biden terus memimpin dalam persaingan, diikuti oleh Senator Massachusetts Elizabeth Warren, Senator Vermont Bernie Sanders, Senator California Kamala Harris dan wakilota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg. Mereka akan berpartisipasi pada debat bulan depan. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG