Tautan-tautan Akses

Perlambat Penyebaran Virus Corona, WHO Kerahkan Puluhan Pakar ke Afsel


Penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Distrik Tshwane, Pretoria, Afrika Selatan, 10 Juli 2020. (Foto: dok).
Penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Distrik Tshwane, Pretoria, Afrika Selatan, 10 Juli 2020. (Foto: dok).

Satu tim pakar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berada di Afrika Selatan untuk membantu negara itu mengendalikan peningkatan pesat jumlah kasus virus corona.

WHO mengemukakan dalam suatu pernyataan bahwa 43 pakar dengan spesialisasi antara lain epidemiologi, pengawasan, pencegahan dan pengendalian, serta pendidikan kesehatan, akan mendukung tim aksi tanggap Covid-19.

Tim WHO pertama-tama akan mengamati kegiatan di departemen kesehatan Afrika Selatan sebelum memberikan dukungan khusus ke berbagai yurisdiksi yang paling terpukul oleh wabah itu, termasuk Eastern Cape, Free State, Gauteng, Kwazulu Natal, dan Mpumalanga.

Peningkatan laju penyebaran virus itu telah menyebabkan Afrika Selatan memiliki hampir 530 ribu kasus, tertinggi kelima di dunia.

Afrika Selatan telah mengukuhkan lebih dari 9.200 kematian akibat virus corona. Dalam perkembangan terpisah, Menteri Kesehatan Dr. Zwelini Mkhize mengatakan, kasus-kasus di Gauteng, Western Cape, dan Eastern Cape telah melambat tetapi terlalu dini untuk menentukan bahwa wabah di sana telah mencapai puncaknya. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG