Tautan-tautan Akses

Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Korea Selatan


FILE - Penasehat perdagangan Presiden Trump, Robert Lighthizer. (9 Agustus 2017)
FILE - Penasehat perdagangan Presiden Trump, Robert Lighthizer. (9 Agustus 2017)

Penasihat perdagangan Presiden Trump, Robert Lighthizer, menyatakan optimisme mengenai kesepakatan dagang yang direvisi dengan Korea Selatan, beberapa hari setelah Trump mengatakan akan mencabut kesepakatan itu.

Para legislator senior dan lobi bisnis Amerika menghimbau agar Trump tidak menarik diri dari Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Korea Selatan, KORUS, khususnya pada saat meningkatnya ketegangan terkait ujicoba misil dan nuklir Korea Utara.

Berbicara di Mexico City setelah babak kedua perundingan perdagangan bebas dengan Kanada dan Meksiko, NAFTA, Lighthizer mengatakan perundingan dengan Seoul terus dilakukan.

Ketika ditanya apakah KORUS akan dibatalkan, ia menjawab “Saya mengharapkan diskusi yang sukses dengan Korea Selatan karena perundingan terus berlangsung dan masalah-masalah terkait kesepakatan itu dari sisi pandang Amerika akan diselesaikan.”

Trump mengatakan hari Sabtu ia akan membahas nasib KORUS dengan para penasehatnya pekan ini, menimbulkan kecemasan di kalangan para legislator dan komunitas bisnis. [ds]

XS
SM
MD
LG