Tautan-tautan Akses

AS, Korea Selatan Setuju Sanksi PBB Lebih Tegas terhadap Korut 


Presiden Amerika Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in kembali melakukan pembicaraan lewat telepon hari Senin (4/9) untuk membahas isu Korea Utara.

Presiden Amerika Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in hari Senin (4/9) setuju untuk mencabut aturan yang membatasi muatan pada rudal Korea Selatan dan mendorong sanksi PBB yang lebih tegas terhadap Korea Utara.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in juga menyerukan agar PBB mempertimbangkan untuk memblokir pengiriman minyak ke Korea Utara, demikian ujar beberapa pejabat pemerintah di Seoul kepada wartawan.

Amerika pekan ini akan mengedarkan rancangan resolusi baru tentang Korea Utara dan berharap bisa melangsungkan pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB Senin mendatang (11/9). Duta Besar Amerika Untuk PBB Nikki Haley mengatakan hal tersebut hari Senin (4/9).

Trump juga menelepon Moon selama 40 menit pada hari Senin, sehari setelah Korea Utara melakukan apa yang dikatakannya sebagai uji coba senjata termonuklir terbaru.

Kedua pemimpin membahas langkah-langkah untuk menanggapi uji coba nuklir keenam yang dilakukan Korea Utara, demikian pernyataan yang dikeluarkan juru bicara presisden Korea Selatan Soo-hyun.

Dalam perkembangan lainnya, Kremlin mengatakan Moon juga telah berbicara melalui telfon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mengatakan kepada pemimpin Korea Selatan itu bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan krisis di Semenanjung Korea itu adalah lewat diplomasi dan perundingan. [em/jm]

XS
SM
MD
LG