Tautan-tautan Akses

AS

Peringatan 1 Tahun Pandemi, Biden Paparkan Langkah Atasi COVID-19


Presiden Joe Biden berpidato dalam peringatan satu tahun pandemi COVID-19, dari Gedung Putih di Washington, DC, Kamis, 11 Maret 2021.

Dalam pidato pertamanya pada Kamis (11/3) malam, Presiden Joe Biden menandai satu tahun sejak penutupan wilayah atas pandemi yang dimulai di seluruh Amerika. Dia meminta warga Amerika membantu mengatasi tantangan di depan.

Sudah satu tahun tahun sejak Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi dunia. Sejak itu, lebih dari 2,6 juta orang telah meninggal di seluruh dunia, 530 ribu di antaranya di Amerika.

“Kita semua kehilangan. Kita menanggung penderitaan dan pengorbanan bersama, serta tahun yang dipenuhi dengan hilangnya nyawa dan kehidupan bagi kita semua," ujarnya.

Dalam pidato pertamanya pada hari ke-50 masa jabatannya, Presiden Joe Biden menguraikan langkah-langkah yang diambil pemerintahannya untuk mengalahkan COVID-19, termasuk melampaui targetnya, yaitu 100 juta suntikan vaksin dalam 100 hari pertama pemerintahannya.

Biden menambahkan, ia mengarahkan semua negara bagian untuk membuat semua orang dewasa Amerika yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin pada awal Mei. Namun, ia menghadapi sejumlah tantangan, termasuk keraguan sebagian orang Amerika untuk divaksinasi. Juga pemerintah negara bagian yang mengabaikan pedoman protokol kesehatan federal, termasuk Texas, yang baru-baru ini mencabut kewajiban memakai masker. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG