Tautan-tautan Akses

Perencanaan Sedang Berlangsung untuk KTT Trump-Putin


Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton akan berkunjung ke Moskow untuk membahas kemungkinan KTT Trump dan Putin.
Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton akan berkunjung ke Moskow untuk membahas kemungkinan KTT Trump dan Putin.

Sekarang ini sedang berlangsung perencanaan untuk pertemuan puncak antara Presiden Amerika Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin, kata pejabat Gedung Putih.

Berbagai media berita mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan nama mereka, yang menyatakan pertemuan itu diperkirakan akan berlangsung bulan depan sewaktu Trump mengunjungi Eropa. Kedua pemimpin mungkin bertemu sebelum KTT NATO 11-12 Juli mendatang di Brussels, atau menyusul lawatan Presiden Trump ke Inggris dua hari kemudian.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Garret Marquis menulis cuitan bahwa “Pada 25-27 Juni, Penasihat Keamanan Nasional Amerika John Bolton akan bertemu dengan sekutu-sekutu Amerika di London dan Roma untuk membahas isu-isu keamanan nasional, dan berkunjung ke Moskow untuk membahas kemungkinan pertemuan antara Presiden Trump dan Putin.”

Baca juga: Trump Katakan Mungkin akan Bertemu Putin Musim Panas Ini

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov juga mengukuhkan dalam telekonferensi dengan para wartawan bahwa Bolton diperkirakan akan mengunjungi Rusia pekan depan guna membahas persiapannya.

Lokasi pertemuan tersebut belum diungkapkan, tetapi beberapa organisasi media asing melaporkan sebelumnya bahwa Putin dan Trump pemimpin mungkin bertemu di salah satu ibukota negara di Eropa setelah KTT NATO. Sebagian laporan media telah melaporkan bahwa pertemuan kemungkinan berlangsung di Wina.

Trump telah menyatakan keinginan mengembalikan posisi Putin di arena global. Trump mengusulkan pada KTT G-7 di Quebec awal bulan ini agar Rusia diterima kembali ke kelompok G-8. Keanggotaan Rusia ditangguhkan setelah negara itu menganeksasi Krimea pada tahun 2014. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG