Tautan-tautan Akses

Perempuan Yordania Unjuk Rasa untuk Dukung Perempuan Palestina


Para perempuan Palestina melakukan unjuk rasa untuk menandai Hari Perempuan Internasional selama aksi protes di Hawara dekat Nablus, Tepi Barat yang diduduki Israel (foto: dok/ilustrasi).
Para perempuan Palestina melakukan unjuk rasa untuk menandai Hari Perempuan Internasional selama aksi protes di Hawara dekat Nablus, Tepi Barat yang diduduki Israel (foto: dok/ilustrasi).

Para aktivis perempuan Yordania menggelar unjuk rasa di luar kantor PBB di Amman hari Rabu (8/3) untuk menunjukkan solidaritas dengan perempuan Palestina yang menghadapi kesulitan di bawah pendudukan Israel di Tepi Barat.

Kelompok bernama Serikat Perempuan Yordania itu membawa bendera Yordania dan Palestina serta spanduk dukungan bagi perempuan Palestina saat beraksi pada Hari Perempuan Internasional.

“Kami menuntut pertanggungjawaban PBB dan negara-negara yang dipimpin AS dan Inggris atas seluruh pelanggaran dan praktik agresi Israel terhadap warga Palestina, perempuan khususnya,” kata Nadia Shamroukh, ketua serikat itu.

Laila Naffaa, pengunjuk rasa sekaligus anggota partai komunis Yordania, berharap unjuk rasa yang mereka lakukan akan “menyoroti kejahatan yang dilakukan terhadap perempuan Palestina dan rakyat Palestina.”

Pada Selasa (7/3), pasukan Israel menggerebek sebuah rumah di kamp pengungsi, memicu pertempuran yang menewaskan sedikitnya enam warga Palestina dan melukai lebih dari dua lusin orang lainnya, kata pejabat kesehatan Palestina.

Pihak militer mengatakan bahwa salah satu yang tewas di kamp pengungsi Jenin adalah tersangka pelaku penembakan mematikan sepasang adik-kakak warga Israel di kota Hawara, Tepi Barat minggu lalu.

Penggerebekan hari Selasa itu adalah insiden terbaru dalam rangkaian operasi penengkapan yang mematikan oleh militer Israel di wilayah utara Tepi Barat, seiring meningkatnya aksi kekerasan yang belum pernah terjadi selama bertahun-tahun.

Penggerebakan itu meningkatkan ketakutan akan pertumpahan darah lebih lanjut ketika Israel berusaha meredam pemberontakan yang semakin besar, yang

dipimpin para pemuda Palestina, di wilayah pendudukan Israel di Tepi Barat, yang semakin banyak mengangkat senjata untuk melawan pendudukan terbuka Israel yang kini memasuki tahun ke-56. [rd/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG