Tautan-tautan Akses

Perempuan AS yang Dibebaskan Iran Tiba di Amerika


Sarah Shourd dan ibunya tiba di bandara di luar kota Washington hari ini dan menuju New York untuk mengadakan konperensi pers.

Seorang perempuan warga Amerika yang ditahan di Iran selama satu tahun telah kembali ke Amerika. Kawan-kawan Sarah Shourd mengatakan, Shourd dan ibunya tiba di bandara Dulles, di luar kota Washington hari ini dan terbang menuju kota New York untuk mengadakan konperensi pers, bertepatan dengan tibanya Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad yang akan menghadiri Sidang Umum PBB.

Pejabat-pejabat Iran menangkap Shourd dan dua orang kawannya tahun lalu atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata setelah mereka masuk ke kawasan Iran yang berbatasan dengan Irak. Keluarga para pejalan kaki itu mengatakan mereka tidak sengaja masuk ke Iran ketika sedang melakukan hiking.

Shourd dibebaskan minggu lalu oleh Iran setelah pejabat-pejabat Oman membayar uang jaminan setengah juta dollar bagi pembebasan Shourd. Kedua orang Amerika lainnya masih ditahan di Iran.

Hari Jumat, Presiden Ahmadinejad menyerukan pada Amerika supaya membebaskan orang-orang Iran yang ditangkap Amerika di Thailand dan Georgia. Kata Ahmadinejad dalam wawancara televisi, hak-hak warga Iran yang ditahan AS itu tidak dihormati, tapi ia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

XS
SM
MD
LG