Tautan-tautan Akses

Presiden Obama Temui Perempuan AS yang Dibebaskan Iran


Obama menegaskan pemerintah AS akan terus melakukan segala upaya untuk membebaskan dua warga AS yang masih ditahan Iran.

Presiden Amerika Barack Obama kemarin bertemu dengan wisatawan pejalan-kaki perempuan Amerika yang baru-baru ini dibebaskan oleh Iran serta para ibu dari dua rekan seperjalanannya yang masih ditahan di Teheran.

Gedung Putih mengatakan Obama ingin secara langsung menyambut kedatangan Sarah Shourd kembali ke Amerika Serikat setelah meringkuk setahun lebih dalam tahanan.

Obama mengatakan kepada Shourd, ibunya dan para ibu dua wisatawan Amerika lainnya bahwa ia merasa gembira dengan bebasnya Shourd, namun bercampur sedih karena dua warga AS lainnya, Shane Bauer dan Josh Fattal masih ditahan di Iran. Obama juga menegaskan bahwa pemerintah AS akan terus melakukan segala upaya untuk membebaskan kedua rekan Shourd itu.

Pengawal perbatasan Iran menangkap ke-3 pejalan kaki Amerika itu tahun lalu, setelah Iran menuduh mereka memasuki perbatasan Iran dari wilayah Irak secara tidak sah. Shourd dibebaskan sebelumnya bulan ini dengan uang jaminan sebesar 500 ribu dolar AS yang disediakan oleh para pejabat Oman. Shourd mengatakan kepada VOA bahwa dia dan kedua rekannya adalah korban dari keadaan yang buruk.

XS
SM
MD
LG