Tautan-tautan Akses

Perempuan AS yang Dibebaskan Iran Sampai di Oman


Sarah Shourd telah bertemu kembali dengan ibunya di Oman, beberapa jam setelah bebas dengan uang jaminan sebesar setengah juta dolar.

Sarah Shourd, salah seorang dari tiga pejalan kaki Amerika yang ditahan di Iran selama lebih setahun ini atas tuduhan mata-mata, telah bertemu kembali dengan ibunya di negara Teluk Persia Oman beberapa jam setelah dibebaskan dari tahanan dengan uang jaminan sebesar setengah juta dolar.

Shourd yang berusia 32 tahun itu turun dari pesawat jet Oman pada hari Selasa dan langsung memeluk ibunya di lapangan terbang kerajaan di Muscat, ibukota Oman.

Kepala Kejaksaan Teheran Abbas Jafari Dowlatabadi memberitahu televisi pemerintah Iran Press TV, Shourd dibebaskan dengan uang jaminan yang dibayar ke Bank Melli Iran di Muscat.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika PJ Crowley mengatakan Amerika Serikat tidak membayar pembebasan Shourd, tetapi satu badan hukum atau perorangan yang tidak disebut namanya memberi jaminan yang cukup kepada Iran untuk memperoleh pembebasannya. Crowley mengatakan Oman baru-baru ini menjadi “perantara penting” antara Amerika dan Iran dalam kasus itu dan bahwa pemerintahan Obama berterima kasih atas peranannya.

XS
SM
MD
LG