Tautan-tautan Akses

Iran Batalkan Pembebasan Pejalan Kaki Amerika


Sebelumnya, Iran mengatakan akan membebaskan tahanan perempuan Sarah Shourd bertepatan dengan Idul Fitri, namun dibatalkan karena proses hukumnya belum selesai.

Kantor berita Iran menyatakan rencana pembebasan seorang pejalan kaki Amerika yang ditahan di Teheran hari Sabtu ini telah “dibatalkan” karena proses hukum yang bersangkutan belum selesai. Kantor berita ILNA mengutip jaksa Jafari Dolatabadi yang mengatakan prosedur dalam kasus Sarah Shourd belum selesai.

Kantor berita itu mengatakan pernyataan jaksa itu dibuat hari Jumat, hari yang sama ketika seorang juru bicara kementerian luar negeri Iran mengatakan Presiden Mahmoud Ahmedinejad terlibat dalam keputusan membebaskan pejalan kaki nyasar ke wilayah Iran itu.

Shourd dan warga Amerika lain, Shane Bauer dan Josh Fattal ditahan tanggal 31 Juli 2009 karena tuduhan melakukan kegiatan mata-mata. Tetapi ketiga orang itu mengatakan kepada keluarga mereka, bahwa mereka memasuki wilayah Iran secara tidak sengaja dan mereka tidak terlibat dalam kegiatan mata-mata.

Sebelumnya, juga hari Jumat, juru bicara Kementerian Luar Negeri Ramin Mehmanparast mengatakan pihak berwenang telah memutuskan untuk membebaskan Shourd bertepatan dengan Idul Fitri, karena pertimbangan penghormatan khusus bagi perempuan.

Pengacara Iran untuk ketiga pejalan kaki AS itu mengatakan, keluarga mereka resah karena rencana pembebasan salah satu dari ketiga orang itu telah dibatalkan. Masoud Shafii kepada CNN hari Sabtu mengatakan perasaan keluarga Sarah Shourd telah dilecehkan.

XS
SM
MD
LG