Tautan-tautan Akses

Perbatasan Selandia Baru Tetap Ditutup Hingga Tahun Baru


Diapit oleh anggota parlemen, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyampaikan pidato di Wellington, Selandia Baru, Kamis, 12 Agustus 2021. (AP Photo/Nick Perry)

Selandia Baru, yang dianggap telah sepenuhnya membasmi virus corona, berencana untuk membuka kembali perbatasannya dengan hati-hati untuk pelancong internasional awal tahun depan, kata pemerintah, Kamis (12/8).

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pemerintah mengikuti saran para ahli dan mempertahankan strategi eliminasi virus dalam merencanakan langkah baru itu.

Ardern mengatakan perbatasan tidak akan dibuka kembali hingga setelah program vaksinasi Selandia Baru selesai pada akhir tahun.

Peluncuran program vaksinasi Selandia Baru jauh lebih lambat dibanding kebanyakan negara maju, meskipun saat ini mulai dipercepat. Sejauh ini, sekitar 29 persen warga Selandia Baru telah menerima satu dosis vaksin dan 17 persen telah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Keberhasilan Selandia Baru dalam mengendalikan virus corona telah memungkinkan terciptanya kehidupan yang hampir kembali normal di negara itu.

Negara Pasifik Selatan berpenduduk 5 juta orang itu telah melaporkan hanya 26 kematian sejak pandemi dimulai. Sebagian keberhasilan itu dicapai Selandia Baru dengan menutup perbatasan bagi mereka yang bukan penduduk atau warga negara. [ab/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG