Tautan-tautan Akses

Jerman Jadwalkan Buka Perbatasan pada Pertengahan Juni


Kanselir Jerman Angela Merkel membahas pembukaan perbatasan di depan parlemen Jerman hari Rabu (13/5).

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer mengatakan kepada para wartawan bahwa Jerman telah menetapkan tanggal perjalanan bebas di Eropa pada pertengahan Juni dan akan membuka perbatasannya dengan Perancis, Luksemburg, Swiss dan Austria pada hari Sabtu.

Mendagri Jerman Horst Seehofer mengatakan rencana itu juga tergantung pada tingkat infeksi COVID-19 yang terus berlanjut.

Seehofer mengatakan kesepakatan untuk melonggarkan langkah-langkah itu telah dicapai dalam pembicaraan bilateral dengan negara-negara tetangga minggu ini.

Dia mengatakan bahwa perjalanan dari negara-negara non-Uni Eropa seperti Amerika Serikat dan Rusia akan tetap dibatasi hingga setidaknya 15 Juni.

Kanselir Jerman Angela Merkel membahas pembukaan perbatasan di depan parlemen Jerman hari Rabu (13/5). Seperti Seehofer, dia memperingatkan akan agar warga tidak cepat berpuas diri terkait virus corona, dan mengatakan bahwa akan menyedihkan jika warga Jerman harus kembali ke pembataan-pembatasan ketat karena COVID-19 jika perebakan virus itu kembali meningkat.

Salzburg Walserberg, di Salzburg, Austria, dekat perbatasan Austria-Jerman. (foto: dok).
Salzburg Walserberg, di Salzburg, Austria, dekat perbatasan Austria-Jerman. (foto: dok).

Sebelumnya, Austria dan Jerman berencana untuk membuka kembali perbatasan mereka pada pertengahan Juni setelah ditutup selama dua bulan untuk memerangi wabah virus corona, kata pemerintah di Wina, Rabu (13/5).

"Mulai 15 Juni, pembukaan perbatasan Jerman dan Austria kemungkinan bisa dilakukan,” kata Menteri Pariwisata Austria Elisabeth Koestinger kepada radio pemerintah O1.

Pembatasan-pembatasan lintas perbatasan antara kedua negara sendiri akan mulai dilonggarkan pada 15 Mei untuk memungkinkan berlangsungnya lawatan bisnis dan kunjungan keluarga, tambahnya.

Menteri itu mengatakan, rencana tersebut akan direalisasikan sesuai kesepakatan pembicaraan antara Kanselir Jerman Angela Merkel dan Kanselir Austria Sebastian Kurz, Selasa (12/5).

Austria dan Jerman sama-sama menganggap telah berhasil mengendalikan virus corona. Kedua negara termasuk yang pertama di Eropa yang mulai mencabut langkah-langkah yang diambil untuk menghentikan penyebaran wabah itu.

Pemerintah Austria, Rabu (13/5), juga mengevaluasi pelonggaran sejumlah kebijakan pembatasan lintas perbatasan ke dan dari negara-negara lain yang berbatasan wilayah dengannya, termasuk Swiss dan Liechtenstein.

Jerman memberlakukan larangan berlibur di luar negeri hingga Juni.

Karena memburuknya sektor pariwisata, Komisi Eropa, Rabu, juga mendesak negara-negara Uni Eropa untuk secara bertahap membuka kembali perbatasan internal mereka dan memperlakukan semua negara anggotanya dengan kriteria yang sama. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG