Tautan-tautan Akses

AS

Perbatasan AS-Kanada Akan Dibuka Kembali


Sebuah kendaraan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS berdiri di samping tanda bertuliskan bahwa perbatasan ditutup untuk lalu lintas yang tidak penting, di penyeberangan perbatasan Kanada-Amerika Serikat di Jembatan Kepulauan Seribu, di Lansdowne, Ontario, 28 September 2020.

Sebuah pengumuman resmi tentang pembukaan kembali perbatasan AS Kanada sepanjang 8891 kilometer bisa datang setiap saat.

Perbatasan ini telah ditutup untuk semua perjalanan non-esensial sejak Maret tahun lalu karena pandemic virus corona.

Bill Blair adalah Menteri Keselamatan Publik dan Kesiagaan Darurat Kanada, dan di Twitter pada Jumat (18/6) dia mengatakan, penutupan perbatasan akan diperpanjang satu bulan lagi sampai 21 Juli.

Dia mengatakan rincian lebih jauh akan diberikan pada Senin (21/6), pada hari terakhir dari perpanjangan penutupan perbatasan itu.

Penutupan perbatasan terpanjang didunia telah diperbaharui setiap bulan.

Menurut Deplu AS, sebelum pandemi rata-rata 400 ribu orang melintasi perbatasan setiap hari. Perdagangan senilai $ 2 miliar per hari juga membutuhkan pelintasan perbatasan ini.

Pemerintahan PM Justin Trudeau memberi petunjuk bahwa pembukaan kembali akan bersifat bertahap.

Pada 11 Juni pemerintah Kanada mengatakan, lebih dari 70 persen warga dewasa Kanada sudah menerima paling sedikit satu suntikan vaksin COVID 19, dan sedikit diatas 9% sudah vaksinasi sepenuhnya.

Di sepanjang perbatasan AS Kanada ditemukan 117 titik pelintasan. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG