Tautan-tautan Akses

AS

Perayaan dan Demonstrasi Hasil Pemilu Hiasi Jalan-jalan AS


Orang-orang bereaksi ketika media mengumumkan bahwa calon presiden dari Partai Demokrat AS Joe Biden telah memenangkan pemilihan presiden AS 2020, di Times Square di New York City, AS, 7 November 2020. (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)

Setelah penghitungan suara yang menegangkan selama beberapa hari, warga Amerika merayakan dan memprotes hasil pemilihan presiden AS.

Begitu hasil pemilihan presiden AS diumumkan, perayaan dan demonstrasi langsung dimulai. Perayaan terjadi di kota-kota besar, dan kota kecil di seluruh negeri.

Di Philadelphia, Pennsylvania, warga menari-nari di jalan-jalan ketika para pemilih di sana merayakan peran mereka dalam proyeksi Joe Biden sebagai pemenang pemilu. Itu terjadi ketika hasil penghitungan suara di Pennsylvania mengatakan mantan wakil presiden itu telah memenangkan negara bagian itu.

“Ingin menjadi bagian dari sejarah dan memberikan suara saya. Kesempatan sekali seumur hidup berada di sini dan berpartisipasi. Dengan tantangan Covid, saya kira orang merasa putus hubungan, dan ini adalah kesempatan untuk merasakan kebersamaan," kata John pendukung Biden di Philadelphia.

Perayaan dan Demonstrasi Hasil Pemilu Hiasi Jalan-jalan AS
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:01 0:00

Di pusat kota Atlanta, warga turun ke jalan-jalan untuk merayakan ketika Biden unggul di negara bagian Georgia, yang biasanya menjadi benteng Partai Republik.

Demonstrasi juga dilakukan pendukung Trump. Hasil pemilu di beberapa negara bagian masih dihitung.

"Jika hasil gugatan hukum ternyata menunjukkan penipuan tidak terjadi, kita akan melangkah ke depan, tapi saat ini tampaknya tidak demikian," kata Carri Dusda, salah seorang pendukung Trump.

Amerika telah menetapkan arah berikutnya dan perasaan warga sangat jelas. Setelah berhari-hari menunggu hasil pemilu, warga keluar untuk merayakan dan memprotesnya, menjadi hari yang tidak terlupakan. [my/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG