Tautan-tautan Akses

Peras Pasangan Kekasih, Ketua ‘Komando Cinta’ Ditangkap Polisi India


Ketua LSM Komando Cinta Sanjoy Sachdev saat diwawancarai oleh AFP di salah satu tempat penampungan pasangan kekasih yang ingin kawin lari, di New Delhi, 2 Desember 2014.

Kepala Komando Cinta, organisasi yang memberi tempat perlindungan bagi pasangan kekasih yang melarikan diri, ditangkap di Delhi dengan tuduhan memeras dan menyiksa mereka, kantor berita AFP melaporkan.

Kelompok itu terkenal karena menyediakan rumah aman dan saran hukum bagi pasangan kekasih yang menantang tekanan keluarga, agama, dan kasta untuk menikah di negara konservatif tersebut.

Pendiri Komando Cinta, Sanjoy Sachdev, ditangkap Selasa (29/1) malam setelah polisi menyerbu salah satu ruman aman bersama anggota Komisi Perempuan Delhi (DCW) dan membebaskan empat pasangan.

“Berdasarkan pengamatan (Sachdev) melalukan pengurungan illegal dan pemerasan pasangan dengan kedok menyediakan rumah aman bagi para korban,” kata DCW, yang merupakan badan resmi, dalam pernyataannya.

Empat pasangan yang ditemukan dalam penggerebekan mengaku mereka dipaksa membayar sejumlah uang dan menerima ancaman jika mereka berusaha melarikan diri dari rumah itu, menurut pernyataan itu.

Sachdev, yang mantan wartawan, mendirikan ‘Komando Cinta’ pada 2010 setelah menyelamatkan seorang pemuda yang dituduh melakukan pemerkosaan oleh keluarga perempuan yang ingin dia nikahi.

Sebagian besar pernikahan di India diatur oleh keluarga dan pasangan yang berani menentang tradisi dengan menikah di luar kasta atau agama masing-masing akan menghadapi balasan.

Setiap tahunnya, ratusan orang menjadi korban ‘pembunuhan demi kehormatan’ yang dilakukan oleh kerabat dekat untuk melindungi reputasi keluarga.

“Pasangan yang menghadapi ancaman pembunuhan demi kehormatan di negara kami harus melalui trauma mendalam,” kata Ketua DCW, Swati Maliwal.

“LSM yang memeras dan menyiksa para orang muda yang rentan dengan alasan membantu mereka adalah sangat memalukan dan tragis.” [ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG