Tautan-tautan Akses

Perancis Tunda Kenaikan Pajak BBM, Demonstran akan Terus Berjuang


Perdana Menteri Perancis, Edouard Philippe menunda pajak kenaikan BBM.
Perdana Menteri Perancis, Edouard Philippe menunda pajak kenaikan BBM.

Pemerintah Perancis memutuskan untuk menangguhkan kenaikan pajak BBM dan biaya listrik, gas dan air hari Selasa (4/12), namun tidak memuaskan para pemrotes, yang menyebut keputusan itu hanya sebuah “langkah pertama" dan mereka bertekad untuk terus berjuang pasca huru-huru-hara besar-besaran di Paris akhir pekan lalu.

Dalam sebuah perubahan besar bagi pemerintah Perancis, Perdana Menteri Edouard Philippe mengumumkan dalam pidato siaran televisi secara langsung, bahwa kenaikan pajak yang rencananya diterapkan pada bulan Januari akan ditunda sampai musim panas.

Perubahan yang dilakukan oleh pemerintahan Presiden Emmanuel Macron itu tampaknya dirancang untuk menenangkan rakyat, tiga hari setelah kerusuhan terburuk di ruas-ruas jalan-jalan kota Paris dalam beberapa dasawarsa.

"Tidak ada pajak apapun yang bernilai dengan menempatkan kesatuan bangsa dalam bahaya," kata Philippe, hanya tiga minggu setelah ia bersikeras bahwa pemerintah tidak akan mengubah arah dalam tekadnya untuk mengurangi ketergantungan konsumen Perancis pada BBM fosil yang menyebabkan polusi.

Namun demonstrasi terus berlanjut di seluruh pelosok negara itu Selasa. Banyak lagi aksi Protes diduga akan akan terjadi dilakukan lebih banyak lagi )pada akhir pekan ini di Paris. (ps/is)

Recommended

XS
SM
MD
LG