Tautan-tautan Akses

Perancis Tangkap 4 Orang Terkait Penyerangan Charlie Hebdo


Polisi dan ahli forensik menyelidiki serangan yang melukai dua orang di dekat kantor surat kabar satir Charlie Hebdo, di Paris, Perancis, 25 September 2020. (Foto: AP)

Perancis mengatakan telah menangkap empat orang yang terkait dengan serangan menggunakan pisau daging pada 25 September di luar kantor majalah satir Charlie Hebdo.

Ke empatnya adalah orang asal Pakistan, dan adalah tersangka utama, demikian dilaporkan AFP.

Dua cedera dalam serangan itu.

Menurut laporan berita, keempatnya ditangkap ada Senin, dan satu dikenakan tuduhan ikut serta dalam konspirasi teroris dua hari kemudian. Ketiga lainnya menurut rencana juga akan dituntut.

Keempat orang itu dicurigai tahu tentang serangan itu sebelumnya, dan menghasut Zaheer Hassan Mahmoud agar melakukannya, demikian menurut sebuah laporan di harian Le Parisien.

Mahmoud yang mengatakan dia hendak menyerang majalah itu karena menerbitkan kartun dari Nabi Muhamad, ditangkap setelah serangan dan masih berada dalam tahanan.

Dua hari sebelum penangkapan, sebuah pengadilan Perancis menjatuhkan hukuman terhadap 13 orang kaki-tangan dari serangan bersenjata pada 2015 terhadap kantor Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang dan mencederai 11 lainnya.

Pada Oktober, seorang pengungsi Chechnya di sebuah daerah di kota Paris, memancung seorang guru, Samuel Paty, yang memperlihatkan kartun-kartun Hebdo kepada murid-muridnya. [jm/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG