Tautan-tautan Akses

Perancis dan Belgia Berlaga Habis-habisan untuk Final


Pemain tim Perancis sedang melakukan pemanasan dalam latihan di Stadion St. Petersburg, di St. Petersburg, 9 Juli 2018.

Perancis akan mengeluarkan pasukan penyerang berbakat, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann untuk menghadapi Eden Hazard dari Belgia, dalam laga di Saint Petersburg hari ini, Selasa (10/7) waktu setempat. Kedua tim bertaruh tempat di final Piala Dunia.

Laga semifinal antara dua negara Eropa yang bertetangga menjanjikan pertandingan penuh intrik karena Perancis mengincar final untuk pertama kali sejak tim yang dipimpin Zinedine Zidane mencapai final pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Sedangkan Belgia, AFP melaporkan, ingin mencetak prestasi baru dengan mencapai babak final untuk pertama kali dalam sejarah sepak bola Belgia. Prestasi terbaik Belgia adalah mencapai babak semifinal pada Piala Dunia 1986.

Pemenang laga hari ini akan menghadapi Kroasia atau Inggris yang akan bertanding pada Rabu (11/7). Final Piala Dunia akan berlangsung di Stadion Luzhniki di Moskow.

Dengan Eden Hazard mengontrol permainan dan Romelu Lukaku yang memberikan kekuatan, Belgia memiliki semua senjata untuk mengalahkan Perancis.

Namun senjata rahasia Belgia mungkin dalam bentuk pemain Perancis terhebat sepanjang masa, yaitu Thierry Henry, yang sekarang menjadi asisten pelatih kepala Belgia, Roberto Martinez.

Perkiraan susunan pemain Perancis vs Belgia.
Perkiraan susunan pemain Perancis vs Belgia.

Mantan penyerang Arsenal dan Barcelona, Henry menjadi bagian skuad Perancis yang memenangkan Piala Dunia 20 tahun lalu. Henry bermain 123 kali untuk Perancis dan mencetak gol sebanyak 51 kali.

Sekarang, tugas Henry adalah mencegah negaranya untuk maju.

“Dia akan merasa kesetiaannya terbagi besok,” kata kiper Perancis, Hugo Lloris, seperti dikutip AFP, Senin.

“Dia adalah yang pertama dan paling penting, orang Perancis. Tapi besok, dalam tingkat profesional, dia harus mengarahkan semua semangatnya untuk Belgia.”

Pemain Belgia, Kevin De Bruyne mengatakan Henry pernah mengungkapkan perasaannya.

“Mungkin dia akan menyanyikan Marseillaise (sebelum pertandingan), yang menurut saya normal saja,” kata De Bruyne.

“Mungkin akan sedikit sulit bagi dia tapi dia bekerja untuk Belgia sekarang, dan dia ingin kami menang.”

Kepercayaan diri Belgia akan meningkat setelah mengalahkan Neymar dan tim Brazilnya di perempat final. Belgia juga menjadi tim yang memenangkan seluruh laga selama di Rusia dengan mencetak gol terbanyak, yaitu 14 gol.

Meski terseok di laga penyisihan grup, tim asuhan Didier Deschamps bermain cemerlang dengan mengandaskan Argentina 4-3 dengan penampilan cemerlang Mbappe.

Sementara itu, Inggris berusaha menghindari kehebohan demam Piala Dunia di negara asal. Pelatih Gareth Southgate mempersiapkan timnya di markas mereka yang tenang dekat Saint Petersburg, untuk menghadapi semifinal pertama sejak 1990.

Ketika banyak penggemar sepak bola Inggris terkejut dengan kemajuan tim mereka, gelandang tengah Dele Alli mengatakan skuad Inggris selalu yakin mereka bisa melangkah jauh.

“Kami harus percaya dan kami sadar bahwa kami adalah skuad yang berbakat,” katanya. [ft]

XS
SM
MD
LG