Tautan-tautan Akses

Peraih Penghargaan HAM Magnitsky Awards Serukan Pembebasan Tahanan


Wartawan Ukraina Oleg Sentsov dalam acara Penghargaan HAM "Magnitsky Awards" di London, Kamis (14/11).

Wartawan Ukraina Oleg Sentsov, yang dipenjara di Rusia karena melaporkan pencaplokan ilegal negara itu atas Krimea, dan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi yang dibunuh termasuk di antara yang mendapat penghormatan pada acara Penghargaan Magnitsky baru-baru ini di London.

Sentsov diberi Penghargaan HAM 2018 pada acara di London hari Kamis, tertunda satu tahun, karena ia baru dibebaskan dari penjara pada bulan September. Ia melaporkan pencaplokan Krimea oleh Moskow pada Mei 2014 ketika ditangkap dan kemudian dihukum karena tuduhan terorisme palsu. Ia dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina.

Meghan McCain, putri mendiang Senator AS John McCain yang ditangkap dan disiksa dalam Perang Vietnam menyerahkan penghargaan itu kepada Sentsov pada upacara Kamis malam di London.

"Ia disiksa, dijatuhi hukuman 20 tahun dan dikirim ke Siberia. Ia dikirim ke Kutub Utara dan menderita. Ia lama dipenjara. Saya tahu sedikit mengenai orang-orang yang dipenjara secara tidak adil." Para penculik berusaha menghancurkan mereka. Tetapi mereka bangkit lebih kuat daripada sebelumnya. Itulah Oleg Sentsov," kata McCain kepada hadirin. (my/jm)

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG