Tautan-tautan Akses

Perahu Migran Tenggelam di Laut Tengah, 2 Perempuan Tewas


Para migran dan pengungsi makan malam di jalan bawah tanah di Ventimiglia, Italia, menunggu malam untuk menyebarangi Perancis, Desember 2017.

Dua perempuan dan sejumlah migran lainnya diperkirakan tewas setelah sebuah perahu yang membawa puluhan migran tenggelam di Laut Tengah, menurut dinas penyelamatan Italia.

Di antara 83 orang yang diselamatkan terdapat tiga bayi selamat berkat bantuan pernapasan oleh tim medis.

Badan amal penyelamatan SOS Mediterranean mengatakan melalui Twitter: “Hari yang tragis di Laut Tengah. Delapan puluh tiga orang diselamatkan dan sudah berada di atas kapal. Dua perempuan gagal diselamatkan, meninggalkan dua anak yatim.”

Organisasi Dokter Tanpa Tapal Batas, MSF, yang juga membantu upaya penyelamatan mengatakan “Banyak orang yang belum ditemukan dan diperkirakan tenggelam, termasuk anak-anak.”

Garda Pantai Italia, Sabtu (27/1), mengatakan 800 orang telah diselamatkan dalam lima operasi terpisah. Menurut Kementerian Dalam Megeri Italia, sekitar 2.730 migran dari Libya telah mendarat di Italia sejak awal tahun baru. Jumlah migran turun tajam sejak Italia mencapai kesepakatan kontroversial yang didukung Uni Eropa dengan kekuatan-kekuatan di Libya untuk menghalangi migran yang hendak berangkat ke Eropa. [ds/sp]

XS
SM
MD
LG