Tautan-tautan Akses

Perahu Migran Karam di Lepas Pantai Libya, 73 Orang Mungkin Tewas 


Para petugas Bulan Sabit Merah melakukan evakuasi para korban, pasca tenggelamnya perahu migran di lepas pantai Qassr Alkhyar, Libya.
Para petugas Bulan Sabit Merah melakukan evakuasi para korban, pasca tenggelamnya perahu migran di lepas pantai Qassr Alkhyar, Libya.

Sebuah perahu karet yang mengangkut para migran karam di lepas pantai Libya, di mana 73 orang hilang dan diduga tewas, kata badan migrasi PBB hari Rabu (15/2).

Badan PBB, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bencana itu terjadi hari Selasa (14/2) dan pihak berwenang Libya telah menemukan 11 jasad korban.

Organisasi itu mengatakan bahwa perahu yang dipadati sekitar 80 migran itu dilaporkan berangkat dari Desa Qasr al-Akhyar, 80 kilometer di timur ibu kota Tripoli.

Para migran itu menuju pesisir Eropa, katanya.

Salem Awag, pejabat tinggi Desa Qasr al-Akhyar, meminta pemerintah Libya meningkatkan dukungan bagi desanya untuk membantu menjaga kawasan pesisir dan mencegah penyeberangan pada masa mendatang.

Tenggelamnya perahu tersebut hari Selasa (14/2) menjadi tragedi terbaru di Laut Tengah bagian tengah, yang menjadi jalur utama para migran.

Puluhan Migran Tewas Akibat Kapal Karam di Libya
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:00:47 0:00

Jumlah kematian pada rute tersebut tahun ini sudah mencapai sedikitnya 130 migran, kata IOM.

Di lepas pantai Libya saja, sedikitnya 529 migran dilaporkan tewas dan 848 lainnya hilang tahun lalu, sementara lebih dari 24.680 orang dicegat dan dipulangkan ke negara mereka, menurut keterangan IOM.

Dalam beberapa tahun terakhir, Libya telah menjadi titik persinggahan utama para migran dari Afrika dan Timur Tengah yang mencoba menuju Eropa.

Negara kaya minyak itu jatuh ke dalam kekacauan menyusul pemberontakan yang didukung NATO, yang menggulingkan dan menewaskan diktator Moammar Gadhafi pada 2011.

Beberapa tahun terakhir, pelaku perdagangan manusia mengambil kesempatan di tengah kekacauan tersebut, dengan menyelundupkan migran melintasi gurun pasir di sepanjang perbatasan negara tersebut dengan enam negara lainnya.

Kemudian, para migran biasanya diangkut dengan perahu-perahu karet yang tidak dilengkapi peralatan yang memadai untuk melintasi lautan yang berisiko.

Negara-negara di Eropa belakangan menekan pihak berwenang Libya dan penjaga pantai untuk menangkap dan mencegat para migran yang mencoba menyeberang ke pesisir Eropa.

Banyak dari mereka yang telah berhasil dicegat dan dibawa kembali ke Libya, termasuk perempuan dan anak-anak, kemudian ditahan di pusat-pusat penahanan pemerintah, di mana mereka mengalami penganiyaan, pemerkosaan dan penyiksaan, menurut organisasi-organisasi HAM. [rd/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG