Tautan-tautan Akses

Perahu Berpenumpang Muslim Rohingya Tiba di Sumatra


Sekelompok orang yang diduga warga Rohingya tiba di Idi Rayeuk, Aceh Timur, 4 Desember 2018.

Sebuah perahu berpenumpang 20 lelaki yang diduga Muslim Rohingya telah tiba di pulau Sumatra. Ini merupakan kedatangan terakhir dari gelombang pengungsian yang kian besar dalam upaya mereka menghindari persekusi di Myanmar.

Pihak berwenang Myanmar baru-baru ini menghentikan sejumlah perahu yang dipenuhi migran Rohingya yang berusaha berlayar ke Malaysia. Warga Rohingya yang ditahan itu melarikan diri dari kamp-kamp pengungsi yang penuh sesak di negara tetangga, Bangladesh, di mana lebih dari 700 ribu pengungsi berjubel di sana setelah melarikan diri dari penindakan brutal oleh militer yang dilancarkan tahun lalu di negara bagian Rakhine. Myanmar menganggap Rohingya sebagai imigran gelap dari Bangladesh, tidak mengakui mereka sebagai warga negaranya dan tidak memberikan hak-hak dasar mereka.

PBB telah menuduh militer Myanmar melancarkan penindakan keras dengan tujuan melakukan genosida.

Krisis terbaru yang melibatkan Rohingya ini telah menimbulkan kekhawatiran mengenai berulangnya peristiwa tahun 2015, sewaktu banyak warga Rohingya dibiarkan terkatung-katung di laut setelah Thailand menindak keras jaringan perdagangan manusia di kawasan itu pada tahun tersebut. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG