Tautan-tautan Akses

Peragaan Busana di Paris Terhambat Pemogokan Transportasi


Para peragawan memamerkan busana rancangan Rhude dalama peragaan busana pria untuk Musim Gugur/Dingin 2020/2021 di Paris, 14 Januari 2020. (Foto: AFP)

Pekan mode busana pria di Paris, yang mulai digelar pada Selasa (14/10/2020) di Ibu Kota Perancis, terganggu dengan pemogokan transportasi umum yang sudah berlangsung 41 hari. Akibatnya, satu acara peragaan dibatalkan.

Peragaan koleksi busana pria yang akan digelar pekan depan berbarengan dengan peragaan adi busana dari label perancang mode Perancis Christophe Josse, terpukul oleh kekacauan akibat pemogokan transportasi, hingga terpaksa dibatalkan.

"Kami tidak dapat menampilkan koleksi kami," katanya, karena pemasok mereka mengalami keterlambatan akibat serangkaian pemogokan itu.

Karena kreasi adi busana yang rumit dibuat dengan susah payah oleh penjahit-penjahit skala kecil di dalam dan di sekitar Paris, merek tersebut mengatakan bahwa mereka tidak punya pilihan selain membatalkan peragaannya.

Perhimpunan mode Perancis sudah menggandakan jumlah bus yang mengantar para model dan penggemar di antara waktu peragaan busana. Pada kondisi normal, banyak model dan penggemar busana yang menggunakan taksi dan kereta untuk pergi ke berbagai tempat di Paris bila kondisi normal.

Meski begitu, dengan hingga 12 peragaan busana sehari dalam susunan acara resmi dan banyak lagi peragaan di luar itu, kemacetan di jalan-jalan kota cenderung sangat mengganggu. [ps/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG