Tautan-tautan Akses

Penyintas Pearl Harbor Hadiri Peringatan ke-78 Serangan Jepang 


Penyintas serangan Jepang atas Pearl Harbor, Louis Conter (kanan) dalam peringatan ke-73 penyerangan pangkalan itu, 9 Desember 2014.
Penyintas serangan Jepang atas Pearl Harbor, Louis Conter (kanan) dalam peringatan ke-73 penyerangan pangkalan itu, 9 Desember 2014.

Satu dari hanya tiga awak yang selamat dari kapal USS Arizona akan menghadiri peringatan ke-78 serangan Jepang atas Pearl Harbour yang digelar pada Sabtu (7/12) di Hawaii.

Penyerangan itu menjadi "hari terburuk yang terus hidup dalam sejarah."

Lou Conter, yang berusia 98 tahun, akan menghadiri upacara itu untuk memperingati 2.390 orang Amerika yang tewas dalam serangan Jepang di Pearl Harbor dan pulau Oahu pada 7 Desember 1941.

Conter berada di buritan kapal USS Arizona, ketika sebuah bom Jepang menembus haluan kapal perang itu, membakar jutaan pon bubuk mesiu. Sebanyak 1.177 orang tewas di kapal Arizona.

Pada Sabtu (7/12), Conter juga akan menghadiri pemakaman Bruner, seorang rekan awak kapal yang meninggal pada September. Jasad Bruner akan dimakamkan di dalam kapal perang yang masih terletak di tempat kapal itu dulu tenggelam.

Seperti yang telah mereka lakukan pada tahun-tahun sebelumnya, para penyintas Pearl Harbor, veteran Perang Dunia II dan pasukan yang bertugas aktif akan bergabung dengan keluarga, wisatawan, dan pejabat setempat untuk mengheningkan cipta pada pukul 07.55 pagi, saat Jepang memulai serangan. [ps/ft]

‚Äč
XS
SM
MD
LG