Tautan-tautan Akses

AS

Penyidik Khusus Mueller Minta Hukuman Ringan bagi Michael Flynn


Mantan Penasehat Keamanan Nasional Trump, Michael Flynn meninggalkan pengadilan federal di Washington, Jumat, 1 Desember 2017. (Foto: dok).

Kesediaan penyidik khusus Robert Mueller untuk mengupayakan keringanan hukuman bagi mantan penasehat keamanan nasional Michael Flynn menyiratkan bahwa sejumlah orang mungkin dalam pengawasan sebagai bagian dari penyelidikan Mueller mengenai kerterlibatan Rusia dalam kampanye presiden 2016.

Kantor Mueller, Selasa (4/12), menyampaikan sebuah pernyataan ke sebuah pengadilan federal yang meminta hakim menghukum pensiunan jenderal angkatan darat itu hanya enam bulan penjara atau tanpa pemenjaraan sama sekali.

An image of the sentencing memo filed by special counsel Robert Mueller in the case against former National Security Advisor Michael Flynn, Dec. 4, 2018.
An image of the sentencing memo filed by special counsel Robert Mueller in the case against former National Security Advisor Michael Flynn, Dec. 4, 2018.

Baik jaksa penuntut maupun pengacara pembela sama-sama menyampaikan pernyataan tertulis yang ditujukan untuk mempengaruhi keputusan final hakim dalam penghukuman terdakwa yang telah dinyatakan bersalah, atau mengaku bersalah, atas dakwaan kriminal. Memo terkait penghukuman yang disampaikan itu juga menyangkut informasi kepribadian terdakwa, penyesalan terdakwa atas tindakannya, atau hal-hal yang menggambarkan kesediaan terdakwa untuk bekerjasama dengan pengadilan.

Dalam dokumen yang diajukannya ke pengadilan federal Selasa malam, Mueller mengatakan Flynn memberikan informasi mengenai isi dan konteks interaksi antara tim transisi Trump dan para pejabat pemerintah Rusia. Tadinya diduga rincian informasi itu akan disertakan dalam memo tersebut, namun dokumen itu menyatakan mengingat kesensitifannya dan keterkaitannya dengan beberapa penyelidikan yang sedang berlangsung, beberapa di antaranya dirahasiakan.

Seluruh informasi itu dipereloh dari 19 sesi interogasi dengan Flynn, dan mencakup dokumen-dokumen, dan bentuk-bentuk komunikasi lainnya.

Mueller juga mengatakan dalam dokumen itu, mempertimbangkan bantuan Flynn yang sangat berarti dalam beberapa penyelidikan yang berlangsung, kepribadian Flynn, dan 33 tahun pengabdian Flynn di kemiliteran AS – termasuk lima tahun di medan tempur, ia tidak merekomendasikan hukuman penjara bagi Flynn. [ab]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG