Tautan-tautan Akses

AS

Penyelidik 'Tragedi 6 Januari' Keluarkan Subpoena Untuk Perusahaan Media Sosial


Pendukung Trump mencoba menerobos penghalang polisi di Capitol di Washington, 6 Januari 2021. (Foto: AP)

Komite di DPR AS yang menyelidiki serangan 6 Januari terhadap Gedung Capitol telah menerbitkan subpoena atau surat panggilan terhadap beberapa perusahaan medsos Meta atau Facebook, Alphabet, Twitter, dan Reddit pada Kamis (13/1), dan memerintahkan mereka menyediakan informasi terkait bagaimana platform media mereka digunakan untuk menyebarkan mis-informasi ketika ada usaha menggagalkan hasil pemilihan presiden pada 2020.

“Dua pertanyaan penting untuk Komite ini adalah bagaimana penyebaran misinformasi dan ekstremisme disertai kekerasan menyumbang pada serangan terhadap demokrasi kita, serta langkah apa, seandainya ada, yang diambil oleh perusahaan media sosial tersebut untuk mencegah platform mereka menjadi sarang pembiakan bagi radikalisasi sehingga orang menggunakan kekerasan,” demikian kata ketua Komite Bennie Thompson dalam sebuah pernyataan.

Subpoena ini adalah perkembangan terbaru dalam penyelidikan oleh panel ini mengenai penyebab terjadinya serangan terhadap Gedung Capitol oleh pendukung Trump, serta peran yang dimainkan Trump, yang menyebarkan klaim palsu bahwa dia dicurangi dalam pemilihan.

Sejauh ini, komite ini sudah menerbitkan lebih dari 50 subpoena dan mendengar dari lebih 300 saksi. Diduga komite ini akan merilis sebuah laporan interim pada musim panas dan laporan akhir pada musim gugur mendatang. [jm/pp]

Lihat komentar (2)

XS
SM
MD
LG