Tautan-tautan Akses

AS

Penyelidik Khusus AS Mendakwa 13 Warga Rusia


Deputy Jaksa Agung Rod Rosenstein menjawab pertanyaan media setelah mengumumkan dakwaan terhadap 13 warga Rusia, Jumat (16/2).

Penyelidik Khusus tentang campur tangan Rusia dalam pemilu 2016 mengumumkan dakwaan terhadap kelompok pertama orang Rusia yang dikatakan berada di balik upaya tersebut, menetapkan dakwaan terhadap 13 warga negara Rusia dan tiga entitas Rusia.

Dakwaan tersebut, yang dibuat oleh dewan juri federal pada hari Jumat, menuduh bahwa Internet Research Agency, sebuah perusahaan yang berbasis di St. Petersburg, Rusia yang memiliki hubungan dengan Kremlin, dan 12 karyawannya terlibat "dalam operasi untuk mencampuri proses pemilihan dan politik" dari 2014 hingga pemilihan presiden 2016 di Amerika.

Perusahaan tersebut telah lama diyakini memainkan peran penting dalam upaya campur tangan Rusia, dengan menggunakan akun media sosial palsu, membayar pengguna online dan alat lainnya untuk mempengaruhi pemilihan memihak Presiden Donald Trump.

Juga disebutkan dalam surat dakwaan tersebut, penyokong keuangan Internet Research Agency, pengusaha Rusia Yevgeniy Prigozhin, dan dua perusahaan yang dia kelola - Concord Management and Consulting dan Concord Catering. Surat dakwaan tersebut mengatakan bahwa Prigozhin dan bisnisnya menyediakan "dana signifikan" untuk operasi Internet Research Agency guna mempengaruhi pemilu 2016 di Amerika. [as]

XS
SM
MD
LG