Tautan-tautan Akses

Norman Gimbel, Penulis Lagu 'Killing Me Softly' Tutup Usia


Norman Gimbel, memenangkan piala Oscar untuk soudtrack film "Norma Rae" tahun 1980. Penulis lagu 'Killing Me Softly' ini meninggal dunia pada usia 91 tahu.
Norman Gimbel, memenangkan piala Oscar untuk soudtrack film "Norma Rae" tahun 1980. Penulis lagu 'Killing Me Softly' ini meninggal dunia pada usia 91 tahu.

Penulis lagu-lagu yang kerap memenangkan Oscar, Norman Gimbel, meninggal dalam usia 91 tahun.Penulis lagu yang produktif itu sangat terkenal dengan lirik-lirik lagu ‘’Killing Me Softly With His Song’’ dan lagu versi bahasa Inggris ‘’The Girl From Ipanema.”

Gimbel bersama mitranya Charles Fox, memenangkan Oscar untuk Lagu Terbaik Tahun 1973 untuk “Killing Me Softly With His Song” yang dinyanyikan Roberta Flack. Beberapa tahun kemudian Fugees mempoperkan kembali lagu itu dengan menggubahnya menjadi hip hop.

Gimbel juga menulis lirik bahasa Inggris untuk salah satu lagu paling terkenal di dunia “The Girl From Ipanema” yang memenangkan Grammy Awards untuk Lagu Terbaik Tahun 1965.

Gimbel juga menulis lirik bahasa Inggris untuk musik Michel Legrande bagi film “The Umbrellas of Cherbourg,” yang dibintangi Catherine Deneuve.

Gimbel bersama David Shire kembali memenangkan Oscar untuk “It Gos Like It Goes” di film “Norma Rae” yang dibintangi Sally Field.

Gimbel dan Fox bekerjasama dalam “I Got A Name” yang dibawakan Jiim Croce dan dirilis sehari setelah Croce meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang pada 20 September 1973.

Gimbel dan Fox kemudian bermitra dalam beberapa produksi televisi, termasuk ketika menulis lagu untuk film “Happy Days” dan “LaVerne and Shirley.”

Putra Gimbel, Tony, mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa ayahnya meninggal pada 19 Desember lalu di rumah mereka di Montecito, California. [em]

XS
SM
MD
LG