Tautan-tautan Akses

Penulis lagu dan sekaligus penyanyi terkenal Amerika Bob Dylan hari Sabtu (1/4) menerima anugerah Nobel dalam bidang literatur di Stockholm, Swedia.

Seorang anggota Swedish Academy Klas Ostergren mengatakan pada Associated Press, Dylan menerima diploma dan medali Nobel itu dalam sebuah upacara kecil di hotel dekat tempat di mana ia akan mengadakan pertunjukkan Sabtu malam. Sementara seorang anggota Swedish Academy lainnya, Horace Engdahl, hanya menjawab “ya” ketika ditanya oleh media penyiaran publik Swedia SVT apakah Dylan telah menerima anugerah itu.

Dyland melakukan konser Sabtu malam tetapi tidak menyinggung soal anugerah Nobel yang telah diterimanya. Ia berencana menggelar konser kedua hari Minggu (2/4).

Swedish Academy mengutip Dyland sebagai sosok yang “menciptakan ekspresi puitis yang baru alam tradisi lagu-lagu Amerika,” ketika menyerahkan anugerah bergengsi itu. Dylan adalah penulis lagu pertama yang meraih Nobel dalam bidang literature. Pemenang-pemenang sebelumnya adalah penulis Thomas Mann, Samuel Beckett, Gabriel Garcia Marquez dan Doris Lessings.

Icon Amerika berusia 75 tahun itu tidak menghadiri upacara penyerahan hadiah Nobel pada 10 Desember lalu karena ada komitmen yang tidak bisa ditinggalkan. Dalam pidato yang dibacakan atas namanya pada upacara penghargaan Desember lalu itu, Dylan mengatakan terkejut menjadi seorang pemenang Nobel. “Jika seseorang pernah mengatakan pada saya bahwa saya memiliki sedikit kesempatan memenangkan Nobel, saya pasti mengira hal ini sama anehnya dengan berada di bulan,” ujar Dylan. [em]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG