Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Paparkan Opsi kepada Trump dalam Tanggapi Ketegangan di Timur Tengah


Penjabat Menteri Pertahanan AS Pat Shanahan berbicara di Capitol Hill, Washington DC (21/5).

Beberapa pejabat Amerika mengatakan, penjabat Menteri Pertahanan Pat Shanahan dan ketua Gabungan Kepala Staf Jenderal Joseph Dunford memaparkan Presiden Trump berbagai opsi dalam menanggapi ketegangan yang kian meningkat di Timur Tengah, termasuk kemungkinan mengirim ribuan pasukan Amerika ke sana.

Shanahan dan Dunford termasuk di antara pejabat yang memberi taklimat kepada Presiden Trump di Gedung Putih hari Kamis (23/5) siang.

Permintaan untuk menambah pasukan datang dari US Central Command, kata seorang pejabat lain yang tidak mau disebut namanya sebab semua rencana masih belum resmi.

Tidak jelas apakah Gedung Putih akan menyetujui pengiriman semua pasukan yang diminta atau hanya sebagian saja ditambah dengan perangkat misil Patriot dan beberapa kapal perang.

Hubungan antara Washington dan Teheran bertambah tegang sejak Presiden Trump memutuskan mencegah ekspor minyak Iran menjadi NOL dan memperkuat kehadiran militer Amerika di kawasan Teluk sebagai jawaban, atas apa yang disebutnya, ancaman Iran.

Di samping ucapan-ucapan keras, Trump mengatakan kepada Shanahan pekan lalu bahwa ia tidak ingin berperang dengan Iran. (al)

XS
SM
MD
LG