Tautan-tautan Akses

Pensiunan Hakim Agung Stevens: Cabut Amandemen Kedua


Pensiunan Hakim Agung John Paul Stevens bersiap memberikan kesaksian tentang jumlah uang untuk pemilu yang kian bertambah, dihadapan Komite Peraturan Senat, di Capitol Hill, di Washington, 30 April 2014.
Pensiunan Hakim Agung John Paul Stevens bersiap memberikan kesaksian tentang jumlah uang untuk pemilu yang kian bertambah, dihadapan Komite Peraturan Senat, di Capitol Hill, di Washington, 30 April 2014.

Pensiunan Hakim Agung AS John Paul Stevens menyerukan agar Amandemen Kedua dicabut. Dia mengatakan berbagai unjuk rasa menanggapi penembakan sekolah yang mematikan di Parkland, Florida, sebagai momentum bagi perubahan.

Dalam sebuah opini di harian New York Times, Selasa (27/3), Stevens yang berusia 97 tahun menulis bahwa sebuah amandemen konstitusi "untuk menyingkirkan" Amandemen Kedua "akan jauh mengurangi kemampuan Asosiasi Senjata Nasional/ NRA untuk menghalangi debat legislatif dan menghambat RUU pengawasan senjata yang konstruktif dibandingkan pilihan lain yang tersedia."

Stevens berada di pihak yang kalah pada keputusan 2008, ketika pengadilan tinggi menegakkan Amandemen Kedua yang memberi individu hak untuk memiliki senjata guna membela diri. Ia mengatakan keputusan itu telah memberi NRA " senjata propaganda yang sangat berpengaruh."

Stevens pensiun dari Mahkamah Agung pada 2010, setelah lebih dari 35 tahun mengabdi.

Stevens telah mendapat tentangan atas tulisan opini itu.

Gedung Putih mendukung Amandemen Kedua dan memusatkan perhatian pada menyingkirkan senjata dari orang-orang berbahaya, "bukan menghalangi semua orang Amerika atas hak konstitusional mereka," kata juru bicara Presiden Donald Trump, Sarah Sanders.

Mencabut amandemen itu akan sangat sulit. Sebuah Amandemen Konstitusi hanya bisa diusulkan oleh Kongres dengan suara dua pertiga di kedua majelis atau oleh konvensi konstitusional yang diserukan oleh dua pertiga badan legislatif negara bagian. Amandemen itu kemudian harus disetujui oleh tiga perempat dari negara bagian. [my/ds]

XS
SM
MD
LG